Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Buat Pemula Jika Ingin Menjadi Food Vlogger Terkenal

 8 Tips Buat pemula Jika Ingin Menjadi Food Vlogger Terkenal


8 Tips Buat Pemula Jika Ingin Menjadi Food Vlogger Terkenal - Sekarangkan lagi zamannya orang mempublikasikan segala sesuatu apa yang dilakukan atau di kerjakannya ke sosisal media. Apalagi para milllennials yang dimana merekalah paling aktif dalam menggunakan berbagai platform sosial media, seperti Facebook, instagram, dan youtube.

Ketiga platform tersebut adalah paling familiar digunakan kalangan anak-anak muda Indonesia. Selain sekedar ingin tetap eksis dan di kenal banyak oranag, ternyata aktif di sosial media juga bisa menghasilkan uang. Beberapa diantaranya seperti yang kita tau adalah facebook dan youtube.

Dengan cara kita rutin mengunggah video ke kanal tersebut maka kita bisa menghasilkan uang. Namun dengan berbagai persyaratan dan aturan yang sudah di tetapkan tentunya.

Dari beberapa jenis konten yang biasa di jadikan tema dalam setiap videonya, diantaranya adalah ngevlog, ya ngevlog memang paling mudah namun jika tujuan kita untuk menjadi terkenal dan bisa menghasilkan, maka ngevlog yang dilakukan juga tidak asal ngevlog, tapi harus punya tema.

Dan disini saya akan berbagi tips buat anda jika anda ingin menjadi seorang vlogger, tema yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah cara menjadi food vlogger.

Untunk anda yang masih pemula, berikut dibawah ini adalah beberapa tips menjadi food vlogger yang nantinya bisa membuat anda di kenal banyak orang.

Berikut dibawah ini adalah 8 tips untuk pemula jika ingin menjadi food vlogger

1. Mulailah dengan hal sederhana

Untuk memulai sesuatu anda jangan dibuat bingung dengan hal-hal atau tuntutan kesempurnaan, biasanya jika kita ingin menekuni sesuatu kita bingung, takut salah, takut di permalukan dan hal-hal lain semacam itu.

Mulailah dengan hal sederhana dengan niat yang kuat dan berfikir positif bahwa anda sedang merintis sesuatu yang berharga untuk anda.

Untuk menjadi seorang Vlogger memang setidaknya kita harus punya kamera yang bagus, namun kalo memang tidak ada dan kita baru saja memulai tak ada salahnya jika hanya bermodalkan hp yang biasa kita gunakan.

2. Review makan unik atau yang lagi happening

Dalam membuat konten anda tidak usah ribet, tidak perlu anda harus mencari makanan mahal untuk di jadikan bahan konten cukup anda cari makanan yang anda anggap itu unik dan jarang orang tau. Tujuan kita itu untuk menyajikan sesuatu yang bikin penonton penasaran bukan untuk makan enak.

Jika anda rasa di sekitar anda ada makanan tradisional khas daerah anda itu bisa dijadikan bahan konten yang menarik buat penonton jadi tidak harus mahal kan.

Dan untuk bisa menarik penonton di video food vlogger anda, coba sesekali anda bikin konten makanan yang lagi happening, yang lagi banyak di perbincangkan di sosmed. Itu sangat efektif untuk meningkatkan view di video anda dan bisa menambah subscriber atau follower anda.

3. Buat judul yang gahar

Pasti anda bingung, gahar apa ya? Itu bahasa saya sendiri yang belum terdaftar di KBBI, jadi tidak perlu di perpanjangan, gahar itu semacam cetar, atau bombastis gitulah. Agar video yang anda buat bisa mengundang banyak view maka buatlah judul seperti yang saya maksud.

Tujuannya agar ketika orang sekelebat liat video anda penasaran dan klik video anda. Misalnya anda bikin konten tentang "bakso pocong" maka anda bisa bikin judul nya "bakso pocong ini seperti baru bangkit dari kubur" dan gunakan thumbnail dengan ekspresi yang mencengangkan.

4. Punya ciri khas saat opening

Sebenarnya untuk masalah ciri khas ketika intro atau opening hampir semua kreator mengutamakan hal ini, karena ini adalah khas unik yang dimiliki oleh setiap masing-masing pembuat konten.

Nah buat anda seorang food vlogger sudah pasti anda harus punya keunikan yang khas di setiap video anda, hal ini untuk memudahkan anda di kenal dan di ingat oleh para penonton video anda.

Misalnya anda sebelum mulai mencicipi makanan biasanya teriak-teriak dulu atau apalah gitu hal yang unik biar penonton ingat sama anda.

5. Buat video interaktif

Maksudnya begini, ketika anda mulai makan pasti anda menunjukkan ekspresi rasa enak atau pedas dari makanan tersebut. Nah dari pada anda ngoceh-ngoceh sendiri depan kamera, akan lebih seru lagi kalo anda ajak ngobrol orang lain sambil diajak menikmati makanan tersebut.

Anda bisa ajak teman, atau kalo memang memungkinkan ajak ngobrol tukang warung baksonya. Pokoknya ada acara ngobrol-ngobrolnya gitu biar gak garing, namanya anda pemula kan biasanya belum terlalu mahir ngomong didepan kamera.

6. Buat ajakan bertindak di akhir videomu
Jika dirasa makannya udah beres selanjutnya jangan lupa bayar, maksudnya setelah acara makan sudah kelar maka ajak penonton untuk follow akun anda atau subscribe channel anda. Ajak mereka untuk terus mantengin setiap video makan-makan anda.

Dan seperti saat opening tadi, anda harus tutup akhir video dengan ciri khas anda yang bisa memudahkan penonton mengingat kelakuan anda sebelum dan sesudah makan.

7. Share video-video anda di sosial media
Jangan lupa untuk selalu membagikan setiap video anda ke semua sosial media anda, biar anda semakin banyak dikenal dan siapa tau salah satu video anda jadi viral dan trending. Tentu itu sangat membanggakan bukan.

Dan harus di ingat jangan terlalu ambil hati jika ada komentar yang tidak mengenakan dalam video anda. Jadikan hal itu motivasi untuk terus berkarya lebih baik lagi. Mereka yang ngomong asal jeplak pada anda belum tentu bisa seperti anda.

8. Ikut komunitas food Vlogger

Selanjutnya, libatkan diri anda untuk memiliki komunitas dengan beberapa food vlogger. Ingat, food vlogger bukan hanya anda saja. Daripada melihat food vlogger lain seperti saingan anda, lebih baik jadikan mereka teman yang bisa diajak kolaborasi untuk membuat video bersama. Banyak dari food vlogger yang juga memiliki banyak pengalaman di dunia vlogging, dan mereka dapat memberi kamu saran dan kiat yang bermanfaat untuk anda.

Dengan begitu anda akan semakin berkembang dan banyak pengetahuan tentang dunia vlogging, berkolaborasi dengan sesama food vlogger juga bisa meningkatkan follower atau subscriber anda.

Itula 8 tips cara untuk menjadi seorang food vlogger yang bisa anda terapkan, semoga tips yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Post a Comment for "8 Tips Buat Pemula Jika Ingin Menjadi Food Vlogger Terkenal"