Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menentukan Tema Video YouTube Bagi Pemula

Cara Mudah Menentukan Tema Video YouTube, Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Cara Mudah Menentukan Tema Video YouTube Bagi Pemula - Menjadi seorang youtuber adalah hal yang menyenangkan, dimana kita bisa eksis dan dikenal banyak orang. Situs tempat menonton dan berbagi video milik mbah google ini paling banyak diminati anak-anak muda Indonesia bahkan dunia.

Ramainya laluntas atau trafik di situs ini tentu menjadikan youtube sebagai salah satu sumber penghasilan bagi perusahaan google. Yang dimana dengan membuka layanan periklanan Google Adwords nya untuk siapa saja yang ingin beriklan di youtube, dan juga memberi kesempatan buat siapa saja yang ingin ikut berpartisipasi dengan program YPP nya, untuk menjadi penayang iklan, tentu hal ini membuat youtube semakin gencar di perbicangkan dan semakin banyak di minati.

Sama halnya dengan anda kan, apapun alasan anda mampir kesini tentu karena anda tertarik menjadi seorang youtuber. Nah dari yang saya amati permasalahan dalam membangun sebuah channel youtube diantaranya adalah masalah tema konten atau tema video.

Apa lagi bagi youtuber pemula, untuk membuat konten yang bagus untuk pemula justru masalah tema konten ini harus benar-benar dipertimbangkan jangan sampai anda membuat konten asal-asalan dan akhirnya di sesali dikemudian hari.

Maka dari itu dalam artikel ini saya akan bahas mengenai cara mudah menentukan tema konten video untuk channel youtube agar benar-benar cocok dan sesuai dengan passion kita, intinya tidak dipaksakan. Karena sesuatu yang dipaksakan itu tidak akan berjalan baik.

Cara mudah menentukan tema video channel youtube

1. Tentukan nama channel

Untuk kita bisa menentukan tema konten dalam membuat video yang pertama harus kita perhatikan adalah menentukan nama channel terlebih dahulu.

Walaupun nama channel ini tidak harus sesuai dengan tema video yang akan anda fokuskan, karena seperti yang kita tau bahwa nama cahnnel ini bisa saja menggunakan nama kita sendiri.

Tapi, dengan kita menentukan nama cahnnel yang ada kaitannya dengan tema video kita maka itu bisa membuat anda akan terfokus pada pembahasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan nama tersebut.

Misal, saya ambil contoh anda suka kucing dan anda akan mengisi setiap video anda tentang hal-hal yang berhubungan dengan kucing. Maka nama yang cocok dan menggambarkan isi konten pada channel youtube anda adalah "dunia meong".

2.Mulailah dari apa yang kamu sukai

Untuk kita bisa menentukan tema konten maka mulailah dengan apa yang anda sukai dulu. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi dalam proses membangun channel anda. Jangan sampai anda membuat atau menentukan tema yang tidak anda minati atau anda hanya memikirkan minat penonton akan tertarik pada tema yang anda bahas sementara anda sendiri sangat memaksakan dalam mengerjakannya.

Sesuatu yang dipaksakan tidak akan baik hasilnya dan bisa saja berhenti di tengah jalan. Karena bagaimanapun juga sesuatu yang tidak kita sukai jika terus di paksakan akan terasa berat dilakukan.

Maka dari itu seperti saya contohkan pada poin pertama, untuk kita bisa menentukan tema konten atau video yang tepat untuk kita adalah dengan menekuni hal-hal yang kita sukai saja.

Jangan fikirkan dulu masalah penonton, pertimbangan anda untuk terus bisa berkarya adalah seberapa bermanfaatkah video yang anda buat untuk penonton atau jika tujuan anda untuk menghibur, layak kah video anda sebagai tontonan hiburan yang ramah untuk semua orang.

Dengan pertimbangan diatas maka poin yang akan anda dapatkan adalah anda akan terus berkarya sepenuh hati karena melakukan hal yang anda sukai dan juga seiring berjalannya waktu penonton akan berdatangan karena video anda bermanfaat dan layak untuk di tonton.

3. Mulailah dari apa yang ada di sekitar anda

Terkadang demi menciptakan maha karya yang sempurna kita suka mengabaikan hal-hal menarik di sekitar kita. Kebanyakan youtuber pemula mereka merasa norak, kampungan, dan merasa malu jika harus membuat konten yang ada di sekitarnya. Apa lagi mereka yang tinggal di pedesaan, kebanyakan mereka berfikir konten yang berbau kampung itu bikin malu dan tidak layak jadi bahan hiburan.

Padahal cara berfikir mereka itu salah besar kalo menurut saya. Nuansa pedesaan dan segala hal unik di perkampungan itu bisa menjadi suguhan konten segar bagi para penonton yang tinggal di perkotaan, karena mereka tidak pernah tau kehidupan dan hal-hal menarik di kampung itu seperti apa.

Saya ambil contoh : "seorang yang tinggal di pegunungan mereka akan sangat ingin dan membayangkan jika hidup di pantai, betapa indahnya menikmati pemandangan suset dan sunrise, menikmati indah birunya laut dan hal-hal indah lain didalamnya".

Sebaliknya juga dengan orang yang tinggal di pesisir, mereka akan membayangkan betapa indahnya jika hidup di daerah pegunungan dengan segala keindahannya.

Sama halnya dengan masalah konten, pada dasarnya sifat manusia itu mudah bosan, jadi yang kita anggap biasa aja bagi orang lain bisa menjadi sesuatu yang unik menarik dan berharga. Jangan kita menilainya dari anggapan kita saja karena yang di fikir dan dirasakan orang lain itu belum tentu sama dengan kita.

Lalu, apakah ada kelebihan atau kekurangannya jika dalam satu channel youtube kita di isi berbagai tema atau hanya fokus satu tema saja. Pada dasarnya tidak ada larangan untuk kita membangun dan mengembangkan channel youtube hanya di fokuskan pada satu pembahasan saja.

Sebenarnya kita bebas kok mau isinya apa saja yang penting bermanfaat, menghibur dan pastinya mematuhi kebijakan Youtube. Namun ada beberapa hal yang memang perlu jadi perhatian untuk kita membangun sebuah channel jika kita isi hanya fokus satu tema atau di isi campuran. Untuk selebgkapnya dibawah ini kita bahas.

Kelebihan dan kekurangan membangun channel youtube hanya satu tema saja

Kelebihan :
  • Bisa dengan mudah medapatkan subscriber dan penonton tetap.
  • Dengan kita hanya fokus membahas satu topik pada setiap video kita maka itu bisa menarik orang-orang yang satu minat dengan kita. Mereka akan subscribe channel kita dan menjadi penonton setia dari setiap video yang di unggah.
  • Channel kita terkesan profesional dan tidak asal-asalan karena hanya fokus pada niche tertentu.
  • Punya ciri khas dan mudah di ingat.
Kekurangan :

  • Tidak bisa menjangkau luas penonton dan subscriber.
  • Tidak bisa bebas membuat video karena hanya fokus pada satu pembahasan saja.
  • Bisa dianggap membosankan bagi sebagian orang jika kita tidak bisa membuat sesuatu yang baru, karena bahasannya itu-itu saja.

Kelebihan dan kekurangan membangun channel youtube gado-gado atau banyak topik

Kelebihan :
  • Bebas bikin video apa saja.
  • Mudah mendapatkan penonton dan subscriber.
  • Bisa mengikuti tred terkini karena tidak terikat pada tema.
Kekurangan :
  • Terkesan asal-asalan karena apa saja bisa di uoload.
  • Tidak bisa mendapatkan penonton tetap.
  • Tidak punya keunikan dan tidak mudah di ingat orang.
Nah itulah yang bisa saya share tentang bagaimana cara kita supaya bisa dengan mudah menentukan tema konten atau video untuk membangun channel youtube kita, serta sudah saya jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari keduanya, baik pembahasan satu topik atau gado-gado.

Seperti sudah saya singgung diatas, bahwa youtube sendiri tidak menerapkan ketentuan terkait tema apa yang kita bahas pada setiap video kita. Maka dari itu apapun yang menjadi piliha
n anda mau satu topik atau gado-gado selagi kita memberikan hiburan dan manfaat kepada penonton tidak ada yang buruk dari keduanya. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

Post a Comment for "Cara Mudah Menentukan Tema Video YouTube Bagi Pemula"